Rabu, 28 Desember 2011

LIBURAN

siapa sih yang gak tau, and gak pernah liburan?? (kecuali manusia yang dikurung di GOA).

Kalo kita denger kata “Liburan”.. hal pertama kali yang kita lakukan pasti kata” gak jelas kayak “YES!!!!!” atau “WOHHOOOO!!!” atau ini “ANJRITTTT!!!!!”.

Mungking yang terakhir gak termasuk.. tapi gue.. gue yang ngomong kayak gitu..

Dan kalo kita denger kata “Liburan”, yang ada dipikiran kita pasti, jalan-jalan ke puncak,atau pergi ke pantai, berenang, ngumpul bareng keluaraga besar,jalan-jalan sama si “beb”, pergi ke daerah wisata Dll.. tapi gak semuanya kayak gitu, ada yang denger kata “Liburan” kaya denger neraka jahanam, tumpukan baju numpuk.. lemari berantakan.. kamar kayak pesawat Cessna yang sering jatuh.. dan banyak lagi pekerjaan rumah yang menunggu.. . Gak sedikit yang kayak gitu..
Termasuk gue, gue paling males Liburan, apalgi libur panjang. Liburan bakal gue lalui dengan segala macam kerja bakti yang akan gue kerjakan, cause selama gue sekolah, gue gak pernah beresin kamar, baju-baju gue belum pada di cuci, dan seperti yang tadi gue bilang. Kayak pesawat Cessna yang sering katuh itu…

Biarpun itu hari libur.. gue tetep bangun pagi. Kenapa? Nyokap selalu setia “berkicau” di pagi hari buat ngebangunin gue… tiap hari pasti nyokap ada ajah yang buat dikerjain, mulai beres-beres halaman gue yang kayak hutan (gimana enggak, tanaman nyokap bejibun di halaman.. mungkin dari seluruh dunia ada kali disini), terus ngeberesin rumah, dan pasti sasaran utama adalah kamar gue.. pokoknya ada ajah ide nyokap buat melakukan tugas mulia “Beres-beres”.. sampe pernah gue bilang ke nyokap “ Ma!, kenapa gak jadi petugas Dinas kebersihan aja?”, dan apa yang gue dapat setelah ngomong kayak gitu?.. bukan, bukan.. nyokap gak ngikutin saran gue.. ada juga gue digampar pake sapu..

PLAKK,,,

Tapi, sebenernya gak kayak gitu sih tiap liburan (itu pas lagi ngirit aja.. kali), gue juga pernah jalan-jalan keluar kota..
Yang paling gue inget, waktu itu gue ke bandung.. pergi bareng keluarga sedang gue (cause kalo dibilang keluarga besar enggak, keluarga kecil juga gak mungkin.. gue ambil jalan tengah).

Sebenernya sih lebih ke Ziarek ato ziarah rekreasi.. soalnya gue pergi ke makam om gue, terus ke tempat-tempat ziarah gitu..
Nah pas gue lagi mau ke makam om gue yang berada di deket bandung itu. Gue ngelewatin jalan yang sepi, pemandanganya bagus banyak pohon-pohon kiri-kanan.. gue gak terlalu meratiin kiri-kanan.. tapi gue tiba-tiba kaget! Tau kenapa?? Ternyata di balik pemandangan yang indah itu, ternyata tuh di sepanjang kiri-kanan jalan itu kuburan…

Anjrittt…..

Gue gak nyadar.. setelah gue Tanya om gue, dikiri-kanan jalan ini tuh ternyata kompleks kuburan.. Pantes bagus..
Dan setelah seharian ziarah.. seperti biasa. Nyari tempat penginapan. Awalnya sih nyari di luar bandung, yang rada dipuncak nya…

GILA..

Penuh semua, dari atas sampe deket bandung. Semua hotel atau penginapan FULL LOADED.. akhirnya setelah muter-muter makan waktu, dan gue juga udah pusing.. akhirnya dapet yang di bandung. Gak terlalu seneng sih, soal nya niatnya bukan di bandungnya tapi di daeranh puncaknya.. ya gak apa-apa lah.. udah dapet kamar gue langsung tepar sebentar.. belum juga mata gue merem, sodara-sodara di kamar sebelah nelpon, ngajak jalan ke Ciwalk sama Paris Van Java. Tadinya gue gak mau ikut, tapi di paksa nyokap.. yaudah

Tapi gue gak nyesel, kalo misalkan tadi gue pilih tinggal di hotel, gue gak bakal bisa ngeliat cewek-cewek bandung.. hehehe sumpah bandung Jakarta tuh emang beda, termasuk ceweknya.. gue gak pernah kedip sama sekali (dan itu gak mungkin..), ngeliatin cewek-cewek manis tanapa gentar.. stetlah gue puas cuci mata, yang bikin gue seger lagi. Waktunya makan.. nah makanan di Paris Van Java katanya unik-unik.. gue penasaran..
Gue liat daftar menu, dan gue liat ada yang unik nih.. Nasi Goreng Ijo.. dari namanya aja udah unik nih, gue ngebayangin kalo gue makan tuh nasi goreng.. apa yang bakal terjadi?? Apakah gue bisa berubah jadi HULK? Ato malah jadi BUTO IJO?? Ato Green Lantern?? Gue gak tau.. pokoknya gue nunggu, sambil narsis foto-foto dengan gaya 4L4Y..
Gak berapa lama akhirnya pesenan gue datang juga.. yang gue lihat pada pandangan pertama.. nasinya IJO, dengan garnis sayur hijau dll.. gue gak terlalu peduliin. Langsung aja gue makan

1suap, 2suap, 3suap… dan akhirnya gue berhenti.. Bukan! Gue gak beribah jadi HULK ato BUTO IJO ati Green Lantern.. yang ada gue teriak.. GILA sumpah demi LUTUNG ini nasi goreng ato Cabe ijo goreng!!?? PEDESS nya gak main-main, PEDESS nya lagi tidur.. lahhh???

Tapi serius itu nasi goreng terpedes yang pernah gue coba.. dan bukan Cuma itu, gue jiga alergi sama yang namanya pedes.. mat ague langsung berair, cairan keluar dari idung, mulut mangap-mangap… gue langsung nyari minuman gue, yang ternyata gue udah abisin.. ANJRITTT.. gue langsung mesen teh manis, dan sialnya teh manisnya gak ada es batu, jadi gue harus nunggu.. gue semaput..

MAMPUS

mata gue mulai burem.. teringat masa lalu gue, pas gue kecil, gue masuk sekolah pertama kali, pas gue SMP, pas gue SMA terus banyak temen-temen gue manggil nama gue.. gue sekarat..
dan gue melihat seorang malaikat bawa namapan dengan segelas penus es teh manis.. gue langsung sadar.. ternyata itu mbak pelayan yang bawa es teh manis.. gue langsung abisin tuh teh nya… dan gue berenti makan.. gue tawarin ke sepupu gue.. dan emang, sepupu gua aja yang doyan pedes ngalah..
akhirnya malam itu gue lewati tanpa makan.

Besoknya  pagi-pagi gue udah olahraga.. bolak-balik ke WC..
Anjrit… nih pasti gara-gara NasGor Ijo sialan itu..
Sumpah, pagi-pagi udah kayak neraka.. yang lain mah nyantai, duduk nonton TV ato ngapain.. gue masih sibuk sama WC…
Setelah selesai masalah gue dengan WC (gue, WC, end…). Gue dan keluarga sedang gue cabut ke daerah pemandian air panas ciater.. jalan arah ke ciater itu kayak jalan kalo mau ke puncak, naik-turun belok kiri belok kanan… seru  sih.. tapi sepupu” gue yang masih bocah pada rewel..
Gue tutup kuping aja pake headset.. rencana sebelum ke ciater sih mau ke tangkuban perahu.. tapi Gila men… nanjak nya melebihi trek offroad, dengan mobil keluraga begini mana mampu.. akhirnya gak jadi dan langsung meluncur ke ciater..

Ternyata tuh tempat nya ribet bin kusut.. pintu masuknya tuh jauhnya bisa 1 kilo lebih dari tempatnya.. yang unik sih di situ ada joki kuda nya.. dan menurut gue tempatnya biasa aja di luar.. tapi pas masuk… sumpah deh bagu banget pemandangannya.. gue sigap langsung ngambil kamera, gue foto”.. Najis memang.. Maksudnya Narsis…
Gue foto tempat-tempatnya yang bagus, kadang gue iseng gue ngambil foto cewek-cewek cakep.. bukan , gue bukan penjahat yang mau nyulik tuh cewek-cewek, atau mau gue jual ke luar negeri bukan…
Setelah dapet spot yang pas, gue duduk santai.. gue males berendem.. ribet ntar ganti baju lagi.
Tapi rese banget sepupu gue yang masih SD, gendut lagi iseng banget.. pengen banget dia deket-deket biarpun gue udah kabur-kaburan dari dia.. masuh aja nempel gue mikir “wah ini anak bahaya nih, dari kecil dah punya bakat HOMO.. pergi sana, nih anak kayak laler aja *semprot baygon”

Gak nyampe sore, gue dan keluarag sedang gue. Akhirnya niat untuk balik ke Jakarta.
Pulang dari ciater merupakan perjalanan yang menegangkan.. bukan , bukan menegangkan sesuatu… ini gak bersifat porno.. tapi bersifat menantang..
Gimana enggak.. waktu pas mau turun, hujan turun.. dan itu bikin daerah ciater sampe kebawah yang emang bukit itu.. ketutupan kabut.. sumpah serem banget, baru pertama kali gue ngelewatin jalan yang ada kabutnya.. kiri-kanan sama sekali gak kliatan…

ANJRITTT….. gue nahan pipis sangking ngerinya..
Ini kayak di film-film horror, dimana mobil sang korban berjalan dalam kabut.. dan tiba-tiba ada sesosok mahkluk yang lewat, yang menyebabkan sang driver membanting setir (maksudnya bukan setir yang dilepas terus dibanting gara-gara panic.. bukan), dan akhirnya jatuh kejurang.. atau tiba-tiba hantu yang dalam bentuk kabut masuk lewat lubang AC dan mencekik seisi mobil..

Tapi itu Cuma yang ada di pikiran gue, gue narik nafas panjang.. akhirnya mobil berjalan pelan, seisi mobil diam, tanpa suara hanya terdengar suara nafas… *lah ini kenapa jadi cerita horror??!!
Nyawa tergantung sama mobil yang ada di depan.. kalo mobil yang di depan salah arah, dan masuk ke jurang… Habislah gue.. dan gue gak bisa nulis buku ini.
Gue kaget, tiba-tiba ada motor yang gue perkirakan Ninja 250R. melesat kencang dari belakang.. dipikiran gue ”Moga aja tuh orang bisa masuk surga terus diampuni salahnya..”
Dan bener aja.. gak berapa lama gue liat samar-samar dari jauh. Motornya jatuh.. tapi untung orangnya masih berdiri..
Setelah lama di dalam kabut yang mengerikan, akhirnya bebas juga. Dan sepakat buat istirahat di lesehan sambil makan jagung.. seperti yang tadi udah gue bilang.. gue kebelet buat pipis.. mobil berhenti, dan gue langsung ngilang ke kamar bahagia, alias WC..

Udah dapet, terus gue lancarkan serangan gue di WC yang kadi korban.. GILA nih WC sempi abis.. mana airnya dikit lagi.. gue siram aja pake embernya sekalian.
Dan apa yang terjadi akibat efek yang gue lakukan kawan??..
Gue keluar dari WC, jalan nyantai.. dan gue kaget, ada air ngalir ngelewatin sepatu gue. Gue langsung liat ke belakang.. BUSET!! Ada air bah turun dari arah atas.. gue buru-buru lari ke mobil.. ANRITTT air segitu banyak dari mana?? Apa gara-gara gue nyirem WC jadi kayak gitu?

FENOMENAL…

Setelah istirahat, perjalanan pulang di lanjutkan.. lagi iseng browsing lewat HP.. tiba-tiba nemu cerita horror tentang tol cipularang, gue baca-baca aja…
Jadi tuh ceritanya pengalaman orang” yang lewat tol itu..
Nih salah satu ceritanya:

malam itu, waktu sudah melewati pukul 5 sore lewat.. kami sekeluarga hendak pergi ke bandung untuk mengunjungi rumah mertua saya. Agar lebih cepat kami lewat Tol Cipularang. Keadaan jalan tol lumayan lengang. Pada saat itu waktu sudah menunjukan pukul 7 malam, anak saya minta berhenti, katanya mau pipis. Maka saya berhenti, tepat di kilometer 70.. anak saya turun dan langsung pipis di sebelah kiri mobil, saya lihat dari kaca spion. Tidak berapa lama anak saya masuk kedalam mobil. Perjalanan pun saya lanjutkan. Setelah menempuh perjalanan yang lumayan lama, akhirnya saya sampai di rumah mertua saya.. awalnya tidak ada yang salah dengan anak saya. Taoi belakang setelah 2 hari, saya merasa aneh dengan anak saya, tatapanya kosong, juga tidaj nafsu makan. Saya Tanya “di, kamu enggak apa-apa nak?”
“enggak apa-apa kok pak..”

Ucap anak saya. Sorenya saya sekeluarga pamit untuk pulang kejakarta, saya kembali melewati Tol Cipularang. Tepat di kilometer 70, lagi. Anak saya minta berhenti untuk pipis, akhirnya saya menepi dan berhenti. Kali ini saya tidak memerhatikan anak saya dari kaca spion.
Setelah beberapa lama, akhirnya saya bingung kenapa lama sekali, saya liat kaca spion tidak ada anak saya, saya turun dan benar-benar anak saya tidak ada. Saya terus tanay istri saya, istri saya jug atidak tahu dan ikut panik.
Saya mencari tapi tidak ketemu, akhirnya saya ke pos polisi terdekat. Saya melaporkan hilangnya anak saya, menjelaskan cirri-cirinya. Dan saat itu pak polisi bertanya “bapak, anak bapak hilang di kilometer 70?” , “iya benar pak..” saya jawab.
“kalau begitu, kemarin 2 hari lalu ada anak yang bingung, di kilometer 70 dan di temukan oleh warga.. mungkin itu anak bapak..”

Saya bingung, terus pak polisi tersebut menelpon warga tersebut. Tidak lama seorang warga datang dan betul saja, anak saya bersama dengan orang tersebut. Dengan berlinang air mata anak saya bilang “Bapak sama ibu kenapa ninggalin aku sendirian??” sambil terus menangis. “lah nak bukan nya kamu sudah naik dan ikut di mobil?” saya benar-benar bingung..
Jadi selama 2 hari lamanya, siapa yang saya bawa dan saya ajak bicara? Saya shock dan kata warga di situ, uang saya bawa bukan lah anak saya, melainkan penunggu KM70 saya bergidik.. *sumber nya gue lupa, tapi itu isi blognya.

 lagi asik baca tante gue nanya sama om gue.. “Kita mau lewat mana mas?”, “Lewat cipularang aja biar cepet..”

Deg…

Gue yang denger langsung kaget setengah mati.. cause, baru aja gue baca cerita tentang Tol Cipularang. Sekarang malah mau lewat situ.. gue langsung merinding, gue certain sama seisi mobil apa yang baru gue baca.. seisi mobil langsung diem.. Waduh parah nih..

Akhrinya sampai di pintu Tol, langsung pada bikin tanda salib, dan berdoa. Sementara gue? Gue udah pingsan kejet-kejet ketakutan..

Karcis udah di ambil.. mobil langsung jalan. Selama perjalanan gue ngitungin tulisan KM di sepanjang jalan tol terus gue liat kiri-kanan belakang, takut kalo ada mobil misterius yang kayak gue baca, yang suka nge-dim lampu jauh.. yang gue baca sih itu mobil nyari korban.. mudah-mudahan gak ketemu deh.. gue merinding..suasana mencekam menjelang KM70, pas di KM 84 gue kebelet pipis..

MAMPUS..

dipikiran gue “Kalo gue, bener-bener minta berenti. Gue bakal di tinggalin kayak cerita yang tadi.. terus mungkin aja gue gak bakalan di cariin, ato mungkin gue bakal di lupain selamanya.. gue gak mau!!” akhirnya gue nahan pipis, nunggu nyampe di Jakarta..
Setelah gue bertahan dari rasa tersiksa, kalo berguncang sedikit gue kayak udah mau mati..
Akhirnya sampai juga, tapi ini belum berakhir. Waktu itu sih udah jam 11 malam lewat jadi rest area yang ada di tol udah pada tutup.. terpaksa gue harus nahan lagi.. gue udah gak kuat banget sumpah.. mungkin sedikit guncangan kecil, adik kecil gue pasti udah muntah-muntah (you know what I mean?).. tapi gue bertahan, setelah sampai di rumah, dengan berjalan sedikit ngankang, dan ngebungkuk sambil megangin perut gue jalan ke WC, dan akhirnya…
Usai sudah penderitaan..
Gue duduk, terus gue merenungkan apa yang udah terjadi selama liburan… Liburan di bandung adalah liburan yang bakal gue inget terus..

Anyway

Buat kalian yang lagi liburan tapi gak punya dana atau emang males ngeluarin duit.
Gue punya solusinya.. Mau tau?
Setelah yang satu ini..
Eh maksudnya liat yang satu ini… J

Solusi pertama, kalo kamu punya sepeda dirumah. Ajak saudara kamu, papa kamu, ibu kamu, tante kamu, om kamu, nenek kamu, kekek kamu, sepupu kamu, temen-temen kamu, guru kamu, pacar kamu, sopir kamu, ojeg kamu dan semua yang kamu kenal. Ajakin buat keliling kompleks naik sepeda.. di jamin selain mengeratkan silaturahmi juga meneyhatkan badan.

Solusi kedua, kalo kamu mau jalan-jalan yang irit dan seru, yang bisa keliling Jakarta-bogor. Gue saranin naik BUSWAY(yang sebenernya namanya TRANSJAKARTA), hanya dengan Rp 3.500,- kamu bisa keliling-keliling sampai bego.. asal tahu tempat transitnya aja.

Solusi ketiga, kalo kamu punya motor atau mobil. Jalan-jalanlah ketempat yang jauh sekali, yang kamu pun belum pernah tahu. Di jamin kamu akan tersesat dan masuk berita orang hilang. Lumayankan, liburan masuk TV dan Koran.

Solusi yang keempat, kalo emang kamu gak mau kemana-mana. Mendingan kamu ngunci diri di kamar, nyalain komputer terus chatting ato segala macem, terus nonton film dikamar juga seru, atau main PS.. lakukan itu setiap hari di kamar kalian. selain irit, beras di rumah juga bakal irit, cause kamu pasti lupa makan.
Solusi yang terakhir, kamu ikut aja sama temen kamu yang liburan, pasti kamu bakal di bayarin deh.. asal muka kamu tebel ajah biar gak malu..

Nah gimana? Solusia nya Ajib kan?? Jadi gimana menurut kalian enak mana? Silahkan pilih…
Sarang gue sih pilih yang solusi keempat..

Pis, lope and Gahoell..

0 Komeng: