Kamis, 29 Maret 2012

Sejarah BMX


Awal sejarah BMX pertama kali muncul awal tahun ‘70s sob!, Pada waktu itu, Anal-anak, di daerah California selatan, memulai balap sepeda mereka di lintasan tanah, terinspirasi dari bintang motocross pada masa itu.
Ukuran dan ketersediaan model oleh schiwn yang dinamai Schwin Sting Ray (Cikal bakal BMX nih sobat goes!) membuatnya menjadi pilihan sepeda yang sesuai (diproduksi tahun 1963). Di desain mudah untuk dipakai, kesesuaian dan kemampuan  sebagai sepeda BMX.
Ini dia cikal bakal BMX lucu ya bentuknya?


Lomba BMX sangat fenomenal pada pertengahan tahun ‘70s. Dan saat itu masih mengadopsi lomba Offroad (Lintasan tanah yang di buat). Di pertengahan decade, olahraga ini mulai banyak dikenal dan banyak produsen yang tertarik untuk memproduksi model BMX (Ex: DiamondBack, Pro GT, Raleigh, Hutch).
George E. Esser yang mendanai National Bicycle League sebagai organisasi non-profit sepeda. Sebelum dia mempersiapkan NBL. George dan istrinya, Mary, mengadakan perlombaan dengan American Motocross Association. Dua putra mereka, Greg dan Brain, keduanya pebalab sepeda motor, dan keduanya juga mengikuti balap BMX. Kedua anaknya lah yang menginspirasi George untuk memulai NBL di Florida.
Di tahun 1977, American Bicycle Association (ASA) merupakan badan organisasi nasionalyang bertugas untung mengembangkan olahraga tersebut. April 1981, federasi BMX internasional didirikan, Kejuaraan dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1982.
Sejak 1993. BMX berintegerasi menjadi Union Cycliste Internasionale.

Majalah-majalah Jadul bertema BMX tahun '70s-'80s



BMX OldSkool :





NAH!!
BMX Freestyle ajang kompetisi tahunan di Summer X Games Extreme and Etnies (X-Games) , di selenggarakan besar-besaran di dua Negara bagian di Amerika serikat. Popularitas Olahraga Extreme ini meningkat dengan ketersediaan tempat, kemudahan dan Berbagai macam trik-trik yang berkembang pesat,cukup menarik anak-anak muda penyuka olahraga Extreme.
Pada tahun 2003, The Commite Olimpiade International, Menetapkan BMX sebagai olahraga olimpiade dan pada tahun 2008 di perlombakan di Beijing china. Maris Stromberg (asal Latvia) dan Anne-Caroline Chausson (Gadis asal Perancisp) sebagai pemenang pertama cabang BMX.
Dua Organisasi yang menaungi olahraga Extreme ini, yaitu ABA dan NBL, Secara umum ABA meliputi Pantai barat, dan NBL pantai timur, dan tak ketinggalan pula AFA (American Freestyle Association) yang khusus mewadahi Freestyle .
Freestyle BMX memberikan tantangan untuk melakukan 2-3 lompatan dan berputar di udara, disertai dengan Jumping.

Berkat Freestyle, sekarang banyak berkembang aliran-aliran Seperti:

1.      Street Rider Biasanya menggunakan apapun yang ada di jalan, seperti tangga, selokan (Dikota-kota Amerika), Dinding, dan lain-lain. Mereka yang menganut Aliran Street tidak mau mengendarai BMX mereka di spot yang telah di buat atau sengaja dirancang. Alasanya adalah kreatifitas menjadi terbatas jika beraksi dia atas arena Tersebut.

Contoh BMX street:
Menggunakan Gear depan yang lebih besar sedikit dari gear belakang dengan alas an mengejar Akselerasi. Sadle yang pendek, ban tebal merupakan cirinya. Ada yang menggunakan Rem (Hanya depan saja) dan tanpa Rem.
BMX Street

Trik Moonthink

Trik X-Up

2.       Park untuk extreme sport satu ini, selain para BMX-er, biasanya para Inline-Skate dan skater juga bermain disini. Park adalah arena khusus yang telah dibuat sedemikian rupa, untuk memuaskan hasrat Adrenalin para BMX-er. Umumnya terdapat Quarter pipe, Spine (Dua quarter pipe yang saling membelakangi), Half pipe, Flats Bank (Loncatan dengan sudut miring 40 derajat), Wall Ride ( Dinding vertical dihadapan loncatan), Serta Rail.

BMX Park tidak jauh beda dengan BMX Street.


Arena BMX Park



3.       Vert Rider, adalah aliran BMX yang paling Extreme (Mungkin), Arena berbentuk Half-Pipe, namun ada bagian yang Flat yang cukup panjang, diantara landasan lompatan. Landasan lompatan dirancang untuk lompatan Big Air (Lompatan tinggi dengan HAngtime lama, dengan ketinggian Extreme)

Contoh BMX Vert:





4.       Trail Rider sebenarnya sama extremenya dengan Street, bedanya lintasan menggunakan trek Offroad tanah dan berbatu dan dibuat secara khusus.

Contoh BMX Trail:
Tidak beda jauh dengan, Hanya berbeda pada ban yang berkarakter kasar, serta memiliki system rem lengkap.



5.       Flatland ini adalah aliran yang menurut gue paling steady dan cool, gak terlalu Extreme, Flatland tidak membutuhkan Arena khusus hanya lapangan rata. Melompatkan BMX mereka dengan Memposisikan BMX mereka dan memanipulasi dalam posisi yang sulit dilakukan orang awam, bisa dikatakan Flatland adalah menari dengan BMX heheh (^^)b

Contoh BMX Flatland:
Sadle dengan posisi tinggi, Frame yang menyilang membentuk X dan Bar yang lumayan tinggi dari BMX Street.
BMX FlatLand









Trik-Trik BMX bersarkan pengetahuan gue…

Aliran Street Tabletop, Superman, Barspin, Moonthink, Tailwhip, 180, 360, Front Flip, Back Flip, Snow Tail whip, X-Up, Can Can, Cranck Flip, ET, Seat Grab.

Aliran Flatland Tornado, Endo, Miami, Hopper, Cherry Picker, Boomerang, Fork Glide, Mesin Giling, Tailwhip (Berbeda dengan street), Fire Hydrant, G-Turn, Dekade, Rollade, Smith Dekade, Megaspin.
Segitu dulu yah Blog walkers!! Hehehe (^^)b

BTW… JENG JENG!!

Nih BMX gue.. gue kasih nama SadRadius.. soalnya Velg belakang berbunyi Miris kalo abis nge-Street..
Ya udah sekian *dadah-dadah*


Eh ada lagi ini BMX masa depan!! cuma concept sih.. heheh beneran pergi ah *dadah-dadah*


0 Komeng: